Rabu, 18 Maret 2015

#NyampahSembaranganGakAsik





Halo guys, lo tau maksud judul di atas gak?
Awak tak tau lah Bang, apaan itu?”
Oh.. Jadi lo belum tau nih? Oke gue ceritain nih. Semua berawal mula dari sampah, lo semua pasti tau sampah kan?


Nah slogan di atas terinspirasi dari program TV My Trip My Adventure 
sumber gambar: http://pbs.twimg.com/media/B0Md7qrCAAA7IBH.jpg

 Sampah adalah material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya proses. Istilah bahasa Inggrisnya adalah waste. Wastes are substances or objects, which are disposed of or are intended to be disposed of or are required to be disposed of by the provisions of national law. (menurut Basel Convention). Nah berati sampah adalah sesuatu yang udah gak kita gunain lagi atau kita anggep gak ada gunanya, ujung-ujungnya kita buang. Iya gak sob?
“Jujur nih kalo pada buang sampah pada di mana? Hayoo ngaku sob, di tempat temen lo kah?”
Dari judul artikelnya aja udah #nyampahsembarangangakasik pastinya ini kritik buat lo yang masih pada buang sampah di sembarang tempat, alias bukan di tempat sampah atau di tempat yang lo anggap tempatnya. Loh kok gitu, iya sob harusnya kita punya slogan:
BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPAT SAMPAH YANG TEPAT
Karena kalo slogannya masih “buanglah sampah pada tempatnya” otomatis lo ataupun masyarakat awam bakal buang sampah di tempat yang mereka anggap tempatnya, misalnya aja di kali, di kubangan yang ada sampah yang harusnya dibersihkan eh malah ditambah sampah, atau bisa jadi malah di kolong tempat tidur masing-masing. Iuhhhh... Apa lo pada gak jijik Sob? Kalo gue mah ogah kamar gue penuh sampah, banyak penyakitnya.
Dalam slogan di atas terdapat kalimat “yang tepat” maksudnya kita sebaiknya membuang sampah di tempat sampah dengan cara di pilah sesuai jenis sampahnya. Secara garis besar sampah dibedakan menjadi sampah organik dan sampah anorganik, sedangkan berdasarkan sifat zatnya sampah dibedakan menjadi sampah padat dan sampah cair. Nah biasanya kayak di sekolah maupun di kota gue tempat sampah sekarang punya label, sampah organik, sampah anorganik, sampah plastik/ kaca/ kaleng.
Nah sampah organik itu kayak bungkus makanan dari daun, kulit buah, dan lain-lain yang mydah banget membusuk. Nah lo bingung gak bedanya tempat sampah anorganik sama tempat sampah plastik/kaca/kaleng? Jujur ya sob, gue juga masih bingung sampe sekarang. Menurut opini gue, kan yang namanya sampah anorganik itu sampah yang gak mudah terurai atau dibusukkan oleh decomposer nah dibedakan jadi dua tempat sampah, karena biar gampang bedain dan memilah sampah-sampah tersebut apabila mau di bawa ke TPA atau mau di daur ulang.
Sob, bicara soal buang sampah di tempat sampah gak cuman berlaku di lingkungan lo aja tapi juga berlaku dimanapun lo sedang berada. Misalnya di tempat-tempat wisata. Gak malu lo sama hewan yang ada kalo lo buang sampah sembarangan? Lo bukan monyet kan? Lo manusia, jangan mau disamaain sama monyet yang habis makan dibuang sembarangan. Nah kalo ditempat-tempat wisata atau dimana aja tetep buang sampah di tempat sampah. Nah kalo tempat wisatanya masih baru dan belum ada tempat sampah, alangkah baiknya apabila lo pada bawa kantung plastik dari rumah kemudian sampah lo kumpulin, kalo dah nemu tempat sampah lo buang di situ. Inget ya sob ke tempat sampah bukan tempat yang dianggap tempat sampah.


sumber gambar: http://vendyxiao.com/wp-content/uploads/2010/04/earth-day-earth-in-hands.jpg

Hari gini buang sampah sembarangan? Gak asik lo. Anak gaul buang sampahnya di tempat sampah yang tepat. Itu baru anak muda! (y)
Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar