Minggu, 15 Maret 2015

Channa Maruliodes, Bunga dari Asia

Bunga dari Asia? hmm apakah kalian berfikir itu adalah sejenis bunga yang tumbuh didaratan Asia? jawabannya adalah artikel yang akan saya tulis kali ini bukan membahas tentang bunga bungaan, tapi tentang Channa maruliodes alias si Toman Bunga atau bahasa gaulnya Emperor Snakehead.

Buat kalian para penikmat iwak galak  alais ikan ikan yang suka makan ikan lain kayak game legendaris feeding frenzy pasti sudah gak asing lagi sama salah satu keluarga ikan gabus itu. karena ya tau sendirilah ikan ini sangat cetar membahana sirip atasnya juga lebar hampir kayak jambul khatulistiwanya Syahrini.




Okedeh cukup bisi basinya, langsung saja masuk ke intinya, Ikan ini biasanya menjalani hidupnya di daerah tropis seperti ya dikawasan kita tinggal, Indonesia. Di bumi nusantara ini kita bisa bertemu dengan ikan bunga yang satu ini didaerah Kalimantan dan Sumatera. Namun ikan ini tentu saja tidak hanya berada dibumi nusantara, ikan ini juga dapat ditemui di negara jiran alias Malaysia, Thailand, dan negara negara Asia Tenggara lainnya.



Jika kalian suka pelihara ikan ini yang pertama kalian ketahui tentu saja apa yang harus kita siapkan?, apa pakannya? dan bagimana cara membuat ikan ini menjadi menarik?

Yang pertama apa yang harus kita siapkan?

Ya, pastilah wadah dan airnya. Untuk wadah saya sarankan untuk ikan yang ukurannya kira kira 5cm - 40cm kalian dapat memeliharanya di Akuarium berukuran 1 m X 0,5m X 0,5m namun jika sudah mencapai ukuran lebih dari 40cm alangkah baik dan bijaknya kalian memindahkan ikan ini kewadah yang lebih besar, misalnya nih ke akuarium yang 2 meteran atau bahkan jika kalian punya kolam dirumah masukin ajatuh ikan maru kalian kedalam kolam, malah lebih bagus dan lebih cepet gede, tapi dengan syarat ya harus bersih airnya sama dikasih makan ya ikannya hehehe.



Yang kedua apa pakan buat ikan ini?

Setau saya ikan ini adalah ikan karnvora juga insektivora, ya benar ikan ini bisa diberi makan daging ikan, misalnya dengan ikan ikan kecil seperti ikan mas atau ikan nila atau ikan lele anakan yang biasa dijual ditoko toko ikan. Saya sarankan jangan dikasih makan ikan nila yang udah tajem sirip atasnya soalnya sirip ikan nila itu bisa melukai tenggorokan si ikan predator dan asal kalian tau ikan nilanya juga bisa nyangkut di tenggorokan si ikan pemangsa dan bisa berujung kematian, ga maukan ikannya mati? hahaha tapi kalau ikan nilanya masih lembut lembut sih no problem alisa ga masalah. Oia ikan ini kan insektivor jadi kalian bisa kasih makan ikan ini pake jangkrik atau ulat hongkong. Jangan dikasih serangga yang aneh aneh ya kayak tawon apa kacoa, takutnya malah ga cocok sama si ikan. Kalau jangkrik sama ulet hongkong udah pasti cocoklah soalnya saya sudah pernah coba sama ikan saya dirumah hehehe.



Yang ketiga bagaimana cara membuat ikan ini menjadi menarik?

Yang saya masukd adalah begini biasanya untuk yang masih pertama beli akan mengalami bertanyaan yang sudah populer hahaha. Kok ikan ku cuma item? kok ikanku udah gede gak keluar bunganya?

Yang saya tahu dan karena saya dulu juga pernah mengalaminya saya tanya kepara suhu ikan predator alias iwak galak. Kok ikan ku cuma item? jawabnya itu adalah hal yang wajar untuk maru yang berasal dari Sumatera karena memang katanya airnya beda dengan yang di Kalimantan yang air nya cenderung kemerah merahan. Namun pemeliharaan dengan air + daun ketapang pas masih kecil katanya bisa membuat ikan anda menjadi merah saat gedenya, setting tank/akuarium juga penting agar ikan anda semakin nyaman dan warnanya bisa indah, kayak orang kalo senang pasti jadi makin cantik hehehe.



Ikanku udah gede kok gak keluar bunganya?

Yah sayang dong ikannya, tapi gapapa kok kalau itu selera kalian hehehe, yap saya akan jawab berdasarkan tanya tanya ke suhu suhu yang berpengalaman. Jawabannya adalah kalian harus alaias sebaiknya memberi pakan ikan maru kalian dengan pakan serangga kayak jangkrik apa ulat honkong, karena yang saya tahu bunga itu akan keluar seiring bertmabnhya usia ikan, bukan ukuran ikan. Yaps karena diberi maka dengan daging akan lebih cepat besar namun usianya kan sama kayak yang diberi pakan serangga jadinya ya begitu deh udah gede ikannya tap bunganya belom keluar. Tapi bunga dan warna ikan tu tetap dipegaruhi oleh indukannya. Jika indukannya bagus ya kemungkinan besar ikan anda juga akan bagus.

Cukup sekian dari saya, apabila ada salah kata saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar