Sabtu, 14 Maret 2015

Oxytocin, Ramuan Cinta dari Dunia Sains?

"men, udah langsung lo tembak aja"
"tapi kalo ga berhasil gimana dong?"
"kalo ga berhasil kita pake pelet aja"

Pernah ga lo denger kalimat-kalimat serupa dalam kehidupan sehari-hari? Yeah, mungkin bagi sebagian masyarakat masih percaya pake cara pelet-peletan atau dukun-dukunan. Tapi tau ga sih lo, ternyata sistem pelet memelet ini juga ada dalam dunia sains lho... "lho kok bisa?" Nah, kali ini gw mau ngebahas pelet (ramuan cinta) dari sudut pandang sains.






"Apa sih Oxytocin itu?"
"Dan apasih maksudnya ramuan cinta?"

Oxytocin atau hormon cinta adalah hormon yang mampu mempengaruhi efek fisik dan psikologis pada pria maupun wanita. Hormon ini diproduksi di Hipothalamus kemudian ditransfer ke pituitari dan kemudian dialirkan ke peredaran darah. Fungsi utama dari hormon ini sendiri itu untuk membantu rahim berkontraksi saat melahirkan dan membantu mensekresikan air susu pada ibu hamil. Tapi, normally hormon ini juga berfungsi untuk menurunkan stress, sebagai penenang, membantu penyembuhan dan mempererat serta membangun ikatan antar individu maupun kelompok. Pada laki-laki biasanya menjadi sedikit lebih protektif (atau mungkin posesif kali ya :p) sedangkan pada wanita biasanya menjadi lebih bersifat kekeluargaan.

Nah, terus darimana nih atau gimana caranya nih supaya kita bisa dapet lebih banyak hormon Oxytocin ini. Hormon Oxytocin ini diproduksi ketika kita bersama dengan pasangan atau orang yang kita sayangi. Karena konsep dari Oxytocin ini sendiri adalah memperkuat kenangan dan ikatan.

"Lho terus kalo konsepnya gitu berarti hormon Oxytocin juga bisa bikin benci?"


Iya, selain diproduksi saat kita bersama orang yang kita sayangi, hormon Oxytocin ini juga diproduksi saat kita iri hati atau bertemu dengan orang yang tidak kita senangi. (ciyee antara cinta dan benci ciyee).


"Tapi gw kan jomblo, terus gimana dong? Ntar gw kurang cinta?"


Yeah gak segitunya juga kali ya, hormon Oxytocin ini juga diproduksi saat kita berolahraga kok atau kan lo juga bisa kumpul sama keluarga dan sahabat-sahabat lo untuk meningkatkan hormon Oxytocin ini. Atau lo juga bisa berdelusi untuk memicu keluarnya hormon Oxytocin ini. Para peneliti dari University of North Carolina juga mengemukakan bahwa melamunkan seseorang dapat meningkatkan hormon Oxytocin.

Sekarang, berkat kemajuan teknologi Oxytocin juga ada sintetiknya. Cara pembuatannya melalui "genetic engineering" yang rumit sehingga dapat menyerupai hormon aslinya. Bentuk dari sintetik Oxytocin ini berupa injeksi atau nasal spray. Kenapa nasal spray, karena hormon ini mudah hancur kalo berada di saluran pencernaan. Nah, ini yang gw bilang ramuan cinta itu tadi. Gw juga pernah baca, jadi dari beberapa pasangan diberikan sintetik Oxytocin dan plasebo (obat palsu), ternyata ketika diberi Oxytocin pasangan ini menjadi lebih dekat dan lebih mudah untuk mengeluarkan uang. (please yang cewe yang hobby shopping jangan dicoba yaa :D) 

Nah, jadi intinya biar kita ga kurang cinta nih banyakin olahraga, nolong orang, bersosialisasi, dan habiskan lebih banyak waktu dengan orang yang kita sayangi. Well, segitu dulu aja dari gw. Yang mau tanya-tanya tentang hormon cinta bisa tanya di bagian comment tapi jangan tanya masalah percintaan yaa :D haha


sumber :


http://www.sridianti.com/apakah-fungsi-hormon-oksitosin.html


http://id.wikipedia.org/wiki/Oksitosin


https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100507081907AASMzsx


http://io9.com/5925206/10-reasons-why-oxytocin-is-the-most-amazing-molecule-in-the-world

Tidak ada komentar:

Posting Komentar