Minggu, 03 Mei 2015

AYO MENJELAJAH

IMG_20140623_084206.jpg


Haloo genks. Gimana kabar lo semua? Sehat-sehat aja kan?
Lagi pada ngapain nih? Semoga lagi gak pada galau aja nih. Bagi lo yang masih galau yuk simak kegiatan yang bagi gue sih menarik dan pastinya bagi lo yang udah nyobain pasti ketagihan.
Wah apaan tuh? Sante genks bukan narkoba atau film porno kok. Yang pasti ini kegiatan yang positif banget. Entah lo anak paskib, anak pramuka, anak rumahan, dijamin kalo udah kegiatan ini pasti bakal ketagihan. Paling sering sih dilakuin sama anak-anak pecinta alam gitu. Tapi lo juga bisa kok.
Yap kegiatannya adalah pendakian.
Dokumen EMAPAL SMA N 1 Klaten
IMG_4853.JPG
Pendakian adalah kegiatan penjelajahan alam yang bisa dilakukan di tempat-tempat dataran tinggi maupun di gunung dan pegunungan. Y a kalik pendakian di dataran rendah, apaan yang mau lo daki. Paling juga cuman pohon atau kasur lo doang. Hehehe
Pendakian sangat menyenangkan, dari pendakian kita dapat mensyukuri karunia Tuhan yang indah ini. Apalagi di negeri kita Indonesia, banyak banget spot pendakian yang menampilkan keindahan mahakarya Tuhan. Kita dapat meningmatinya entah dalam wujud sunrise, sunset, kumpulan bintang di malam hari, ataupun luasnya savana. Namun untuk melakukan pendakian ada hal-hal yang harus diperhatikan, supaya lo bisa terus nikmati keindahan alam ini.
IMG_20150222_060514.jpg
SUNRISE Taken by Ibnu (ig: mataibnu_)
1.       Persiapan fisik dan mental
Banyak pendaki yang mengabaikannya. Persiapan fisik harus dilakukan, yang namanya mendaki gunung pastinya berjalan dengan membawa beban berjam jam dengan track yang menanjak. Untuk itu kondisi fisik seorang pendaki haruslah prima. Persiapan fisik ini cukup dilakukan dengan lari secara seminggu teratur 1-2 kali atau melakukan rutinitas olahraga yang kita punya, tidak perlu dengan olahraga yang berat.
Selain persiapan fisik kita juga harus menyiapkan mental kita baik psikis maupun rohani. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan baik sebelum, sedang, maupun setelah pendakian dilakukan. Agar pendakian berjalan lancar, aman, selamat dari naik sampai turunnya. Persiapan mental juga termasuk di dalamnya adalah mematuhi larangan yang telah ditetapkan baik oleh pengelola basecamp/pendakian, penduduk lokal dsb.
IMG_21092014_165656.jpg
Tanda Larangan dan Peraturan taken by Ibnu
2.       Bekal yang cukup
Yang termasuk bekal didalamnya adalah konsumsi serta bekal pengetahuan. Dalam melakukan pendakian kita haruslah dapat melakukan perkiraan perbekalan berupa konsumsi yang cukup untuk beberapa hari selama pendakian, sehingga kita tidak akan kelaparan. Ingat ya jangan asal-asalan, banyak pendaki yang kehabisan bekal selama pendakian. Persedian bekal yang lebih tidak ada ruginya. Paling cocok untuk bekal adalah nasi dan roti. Untuk mi instant bisa dibawa namun bersiaplah untuk pemasakan yang bisa jadi kurang parktis karena kita tidak di rumah, sehingga keadaannya sangat berbeda.
Untuk bekal pengetahuan adalah mulai dari persiapan kapan kita akan melakukan pendakian, usahakan direncanakan jauh jauh hari.  Misal 2 bulan yang akan datang. Ketahui dan pastikan gunung apa yang akan kita daki, berapa tingginya, berapa lama pendakian kita hingga ke puncak, bagaimana medannya, termasuk kondisi cuaca dan suhunya, Sepakati juga apakah anda akan menggunakan jasa porter/guide. Kalo memang anda dan rombongan belum pernah mendaki sebaiknya menggunakan jasa porter. Tapi, apabila memang ada keterbatasan dana, cari info sebanyak banyaknya tentang jalur tersebut.

JANGAN PERNAH TERPISAH/MEMISAHKAN DIRI  DENGAN ROMBONGAN”
Kalimat ini perlu diperhatikan, jangan sampai lo memisahkan diri dari rombongan lo atau berimprovisasi untuk mencari atau membuat jalur baru. Ikuti saja jalur pendakian yang ada dan nikmati saja perjalanan pendakian dan jangan mengeluh. Kalo lo bawa temen di belakang lo, jangan pernah ninggalin dia. Setia kawan men. Ya itu prinsip dalam organisai, pertemanan, maupun pecinta alam.
Tumbuhkan rasa solidaritas di antara sesama pendaki lain ya guyss.
3.       Persiapan peralatan
Berikut adalah peralatan wajib bagi pendaki:
a.       Tenda
Fungsi utama adalah tempat berlindung. Tenda yang baik dapt melindungi penghuninya dari cuaca yang dingin dan binatang. Untuk tenda tanpa flysheet dengan harga 250.000 sudah bisa didapatkan. Namun tenda ini tidak cocok jika digunakan dalam kondisi hujan karena masih menyerap air alias hujan bisa masuk.  Seperangkat tenda dengan flysheet  dengan kualitas bagus seperti merk Lafuma dan Eiger sangat cocok untuk lingkungan Indonesia.
Yang perlu diperhatikan ketika memilih tenda adalah kapasitas tenda, kekuatan kain, ada atau tidak flysheet, kekuatan frame, dan jenis alasnya.
b.      Sleeping bag
Adalah peralatan wajib perorangan pendaki gunung. Sleeping bag sangat penting karena selain menjaga tubuh tetap hangat, juga membantu pendaki untuk istirahat lebih berkualitas. Sleeping bag yang baik bahannya nyaman/hangat, biasanya dengan lapisan bahan dalam polar dan lapisan luar waterproof. Sleeping bag yang bagus dapat dikemas secara praktis (tidak memakan tempat).
c.       Sepatu
Syarat memilih sepatu untuk mendaki adalah sepatu wajib melindungi mata kaki, pilih jenis sol yang dapat mencengkram tanah,. Bahan sepatu yang baik adalah dapat menyerap keringat untuk lapisan dalam tetapi waterproof di luar.
Tips untuk menyimpan sepatu saat mendaki gunung jika sepatu dalam keadaan basah maka masukkan gulungan koran kedalam sepatu. Koran dapat menyerap air.
d.      Jaket
Pilih jaket yang ringan dengan lapisan dalam polar dan lapisan luar waterproof. Demi keselamatan akan lebih baik jika memilih jaket yang warnanya cerah agar mudah keliatan.
e.       Raincoat
Melindungi pendaki dari terpaan hujan.
f.        Backpack
Backpack wajib dimiliki pendaki untuk membawa barang-barang yang dibawa saat naik gunung. Yang diperhatikan adalah kapasitas backpack dan jenis backpack.
g.       Pakaian
Jangan menggunakan jeans. Pilih yang ringan dan cepat kering. Jangan lupa buat baju hangatnya ya guys.
h.      Cooking tool
Produk seperti Trangia sangat praktis untuk dibawa. Bahan bakarnya adalah alkohol.
i.         Obat-obatan
Lo jangan pernah lupa bawa obat-obatan penting kayak minyak angin dan sebagainya.
4.       Berangkat

Nah guys itu semua udah gue jelasin tentang pendakian. Semoga bermanfaat buat lo semua. Selamat mencoba dan selamat mendaki.
Salam Cinta dari Alam
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar